Rabu, 28 November 2018

Ingin Membeli Cincin Nikah Berlian Yang Asli? Perhatikan Tipsnya!



Sejak jaman dulu hingga sekarang, berlian merupakan batu mulia yang sangat mewah. Kemewahan tersebut berasal dari harga berlian yang memang sangatlah mahal. 


Tidak cukup dibawa pulang hanya dengan uang beberapa ratus ribu saja. Selain itu, tampilan yang elegan dan tidak terlalu mencolok menjadikan benda tersebut menjadi banyak peminatnya. Kini beberapa produsen berlomba-lomba membuat desain cincin yang dilengkapi dengan batu berlian, mulai dari cincin pertunangan sampai cincin nikah berlian. Semuanya dibuat dengan tampilan yang mewah dan elegan. Untuk itulah, banyak orang yang ingin memiliki batu mulia tersebut.

Tips mendapatkan cincin nikah berlian yang asli

Seiring dengan semakin banyaknya peminat batu berlian untuk disematkan ke cincin pernikahan, membuat beberapa orang berbuat curang. Tak jarang mereka membuat berlian imitasi atau tiruan yang didesain seperti berlian yang asli. Hal inilah yang harus anda waspadai agar jangan sampai tertipu oleh pihak-pihak tersebut. Dan bagi anda yang berminat untuk membeli cincin nikah berlian, perhatikan ciri-ciri batu berlian yang asli di bawah ini:

1.      Keras

Ciri utama sebuah batu berlian adalah materinya yang sangat keras. Berlian yang disematkan pada sebuah cincin akan sangat keras dan tidak mudah tergores benda apapun. Untuk membuktikannya sangatlah mudah. goreskan batu berlian tersebut di atas sebuah kaca dan lihat hasilnya. Jika pada kaca terdapat bekas goresan yang berupa garis atau bentuk apapun, maka kemungkinan besar yang anda beli adalah cincin nikah berlian asli. Tapi jika tidak ada bekasnya, bahkan cenderung batu berlian anda yang tergores atau pecah, maka bisa dipastikan itu merupakan batu berlian palsu.

2.      Tidak memiliki refleksi pencahayaan yang bagus

Ciri selanjutnya dari sebuah cincin nikah berlian yang asli adalah bahwa batu tersebut tidak memiliki refleksi pencahayaan yang bagus. untuk membuktikanya sangat mudah. letakan berlian di atas sebuah kertas yang penuh dengan tulisan dan lihat hasilnya. Jika tulisan-tulisan tersebut tidak dapat terbaca dengan jelas, maka kemungkinan besar itu adalah batu berlian asli. Namun jika tulisan-tulisan itu bisa terbaca dengan jelas, maka bisa dipastikan yang anda beli adalah berlian palsu. Mengapa bisa begitu? Karena pada umumnya berlian palsu dibuat dari kaca, plastik, atau campuran kedua bahan tersebut. Sehingga wajar saja jika memiliki refleksi pencahayaan yang bagus.

3.      Berkilau di semua bagian

Ciri yang selanjutnya dari sebuah berlian yang asli adalah memmiliki kilauan yang indah pada setiap sisinya. Ini sangat berbeda dengan berlian palsu yang biasanya dibuat mengkilau pada bagian atasnya saja.

4.      Tidak berkabut dalam waktu yang lama

Untuk mengetahui keaslian sebuah cincin nikah berlian, caranya sangat mudah. anda cukup meniupkan nafas di atas permukaan batu berlian tersebut dan lihat hasilnya. Jika kabut tersebut ada dan hilang dalam waktu yang cepat, maka kemungkinan besar berlian yang anda miliki adalah asli. Namun jika kabut itu hilang dalam waktu yang lama, maka bisa dipastikan yang anda beli adalah berlian palsu.

5.      Tidak bisa dipanaskan

Kemudian ciri cincin nikah berlian asli yang selanjutnya adalah bahwa berlian tersebut tidak mudah dipanaskan. Untuk membuktikannya sangat mudah. letakan batu berlian di atas sebuah logam yang panas dan lihat hasilnya. Jika panas tersebut bisa hilang dan netral dalam waktu yang lama, maka kemungkinan besar itu adalah berlian asli. Namun jika panasnya tidak mudah hilang dan membutuhkan waktu yang lama untuk menetralkannya, maka anda telah membeli berlian palsu.
Itulah tips yang bisa anda terapkan saat akan membeli cincin nikah berlian. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Siapa yang menyangka kalau seseorang yang tertarik untukBeli Cincin Berlian akan merasa mewah. Yuk Cek Apakah ini benar?

    BalasHapus